[Liputan Kegiatan] Webinar Seri 2 “Teknologi Pengendalian Hama Terpadu Pada Tanaman: Peranan Pestisida Nabati dan Senyawa Semiokimia”


Jurusan Agorekoteknologi kembali mengadakan seminar seputar hal tentang ilmu-ilmu tentunya di bidang pertanian dari sudut pandang pendidikan/penelitian yang sudah banyak dilakukan yang dibagikan kepada khalayak masyarakat umum Indonesia khususnya daerah Kalimantan Timur. Webinar yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27/2/2021 tepat pada pukul 09.00 WITA ini dilaksanakan secara daring via ZOOM Meeting dikarenakan seperti yang kita ketahui masih mewabahnya kondisi virus covid-19 yang melanda Indonesia sampai saat ini sehingga memaksa tidak bisanya dilaksanakan seminar dengan tatap muka langsung antar peserta. Momen kali ini Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian mengangkat materi pembahasan dengan tema “Teknologi Pengendalian Hama Terpadu Pada Tanaman: Peranan Pestisida Nabati dan Senyawa Semiokimia”. Kegiatan ini diawali oleh Ibu Panca Widyaiswary Suroso, SP sebagai Pembawa Acara (MC) pada kegiatan pagi hari itu. Kemudian dilanjutkan dari Ketua Prodi Agroekoteknologi yaitu Bapak Dr. Ir. H. A. Syamad Ramayana, MP. yang menyampaikan sambutannya dalam kegiatan webinar sekaligus menjelaskan profil Prodi Agroekoteknologi yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Webinar kali ini pun dihadiri dan dibuka oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Pertanian yaitu Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, SP., M.Si., beliau menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang hadir dan terlibat kemudian di lain hal tentunya juga  juga Prof. Bernatal menyampaikan apresiasinya dari webinar hari ini dengan mengangkat tema yang sangat menarik tentunya untuk dibahas dan beliau menjelaskan beberapa update data seputar pangan yang ada di Indonesia khususnya Kalimantan Timur.

Di sesi berikutnya masuk di bagian inti acara yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh Moderator Webinar Seri 1 ini yaitu Bapak Dr. Ir. Surya Sila,. M.P (Dosen Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian) yang pada webinar ini menyampaikan profil biodata diri dari kedua narasumber yang hadir di acara webinar tersebut. Webinar kali ini untuk bagian sesi narasumber untuk penyampaian materi, Jurusan Agroekoteknologi menghadirkan narasumber dari Fakultas Pertanian. Di sesi pertama narasumber yang menyampaikan materinya yaitu Bapak Kadis Mujiono., SP., M.Sc., P.hD, dikesempatan ini menjelaskan materinya tentang “Peranan senyawa semiokimia dalam pengendalian hama terpadu”, kemudian dilanjutkan sesi kedua dari narasumber Dr.Ir. Tjatjuk Subiono., MP melanjutkan pembahasan materi dari narasumber sebelumnya beliau juga menyampaikan materi seputar Teknologi Pestisida Nabati. .

Masuk ke penghujung acara yaitu sesi pemberikan sertifikat kepada pemateri yang bersedia hadir dan menyampaikan materinya dengan luar biasa pada hari ini dan foto bersama antara narasumber dan peserta yang hadir pada saat acara webinar tersebut.

Silakan Download Materi disini

Selengkapnya dapat dilihat kembali di Channel Youtube –> AGROEKOTEK UNMUL